Sebuah Kebahagiaan dan Jati diri yang telah di Hancurkan akan kembali Kubangun Lebih Besar

"There are no monuments dedicated to me and my name will soon be forgotten, but I've loved another with all my heart and soul, and to me, this has always been enough."
*****************************

JENIS TANAH

Jumat, 03 Juni 2011 jeffry mario eklesia
Tanah adalah lapisan terluar dari kerak bumi yang sudah mengalami proses pelapukan pada batuan induknya. Hasil pelapulan itu selanjutnya mengalami proses pengendapan dengan dipengaruhi pula oleh bermacam-macam bahan organis.
Sumber daya alam yang sangat potensial untuk dikelola dan dikembangkan di Indonesia adalah tanah. Ini karena di Indonesia tanah subur tersebar hampir merata dan sebagian besar penduduk hidup dari sektor pertanian. Oleh sebab itu, kita harus mengenal ilmu tanah.

Untuk lebih mengenal sumber daya alam tanah, berikut ini merupakan beberapa jenis tanah yang terdapat di Indonesia.
Jenis-jenis tanah di Indonesia adalah sebagai berikut.

Tanah Vulkanis
Tanah vulkanis adalah tanah yang terbentuk akibat adanya aktivitas gunung berapi aktif yang mengeluarkan lahar dan lava yang kemudian mengalami proses pelapukan.
Sifat tanah ini berbutir halus, tetapi tidak mudah ditiup angin. Jenis tanah ini termasuk tanah yang sangat subur. Tanah ini banyak terdapat di Sumatera, Bali, dan Lombok.

Tanah Humus
Tanah ini terjadi akibat pembusukan sisa-sisa tumbuhan atau tanaman. Sifat tanah ini sangat subur karena banyak mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Jenis tanah ini banyak terdapat di Sumatera, Jawa Barat, dan Irian Jaya.

Tanah Laterit
Tanah laterit terjadi karena kandungan humus tanah (lapisan kaya mineral tanah) telah mengalami pencucian oleh air sebagai akibat adanya erosi (pencucian tanah).
Sifat tanah ini tidak subur. Ciri dari tanah ini biasanya berwarna kuning kemerahan. Tanah jenis ini banyak terdapat di Banten, Pacitan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

Tanah Aluvial
Tanah aluvial sering disebut juga tanah endapan karena terjadi sebagai hasil dari proses pengendapan lumpur-lumpur sungai. Jenis tanah ini biasanya dapat kita temui di sekitar daratan rendah atau sepanjang aliran sungai.
Tanah jenis ini banyak terdapat di Sumatera bagian timur, Jawa bagian utara, Kalimantan Barat, dan Irian bagian utara dan selatan.

Tanah Podzolit
Jenis tanah ini terjadi akibat pelapukan batuan yang mengandung banyak kuarsa dan bercamur dengan sisa tumbuhan. Tanah ini termasuk jenis tanah subur. Sifat dari tanah ini mudah basah karena air, berwarna kuning sampai kelabu, dan biasa terdapat di daerah pengunungan tinggi.

Tanah Pasir (Litosol)
Tanah ini terjadi dari batuan beku dan batuan sedimen yang mengalami pelapukan. Tanah ini berbutir kasar, bahkan berupa kerikil. Tanah ini tidak dapat mengikat air. Itulah sebabnya tanah ini dikelompokkan dalam tanah yang tidak subur. Jenis tanah ini banyak terdapat di Sumatera dan Sulawesi.

Tanah Terrarosa
Tanah terrasora adalah tanah kapur yang terbentuk akibat pelapukan batuan kapur di sekitar daerah kars. Tanah ini termasuk tanah yang subur di daerah batu kapur (karst). Tanah terrarosa banyak terdapat di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara, dan Maluku.

Tanah Gambut (Organosol)
Tanah gambut adalah tanah yang terbentuk akibat pembusukan tanaman di daerah rawa. Tanah ini termasuk jenis tanah yang tidak subur. Tanah jenis ini banyak terdapat di pantai timur Sumatra, pantai barat dan selatan Kalimantan, dan pantai selatan Irian Jaya.

Tanah Kapur (Renzina)
Tanah ini terjadi dari bahan induk kapur (batu endapan kapur) dan telah mengalami laterisasi lemah. Jenis tanah ini banyak terdapat di Sumatera, Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara, dan Maluku.

Tanah Mergel
Tanah ini memiliki ciri liat, campuran kapur, dan pasir. Atau dapat dikatakan bahwa tanah mergel adalah tanah yang terjadi dari campuran pelapukan batuan kapur, pasir, dan tanah liat.
Tanah ini terjadi akibat curah hujan yang tidak merata. Jenis tanah ini termasuk tanah yang subur. Biasanya dapat kita temui di lereng bukit atau daratan rendah. Tanah ini terdapat di Solo, Madiun, Kediri, dan Nusa Tenggara.

Source http://www.anneahira.com/ilmu-tanah.htm

0 comments: JENIS TANAH

Poskan Komentar